Potensi Temulawak Di Desa Kalirejo

Warga Sedang Mengeringkan Temulawak. Sumber laman Pemkab Magelang.

Salaman – Sekdes Kalirejo, Solikhin menyatakan bahwa warganya banyak yang melakukan perajangan dan pengeringan Temulawak. Terdapat pula lima pengepul bahan baku jamu tersebut.

“Potensinya sangat bagus di sini, Temulawak tumbuh baik di bawah pepohonan di perbukitan.”, ucapnya.

Adapun Jaetun, perempuan yang selama 20 tahun mengolah Temulawak menjelaskan ada dua jenis pengeringan temulawak, yakni dijemur di bawah sinar matahari langsung atau dioven.

Jaetun juga menambahkan bahwa rajangan tersebut nantinya akan disetorkan ke pabrik jamu di Purworejo.

“Khasiatnya bagus untuk nafsu makan, memelihara kondisi liver dan lain-lain. Dari dulu setor Temulawak rajangan kering ke Purworejo, karena di Magelang tidak ada permintaan,” ungkapnya yang dikutip dari website pemberitaan Kabupaten Magelang.

Potensi Temulawak

Temulawak merupakan rempah asli Indonesia yang dikenal ampuh meningkatkan nafsu makan pada anak. Nama latinya Curcuma zanthorrhiza L. dimana masih satu keluarga dengan kunyit maka tak heran jika bentuk dan manfaatnya pun mirip.

Selain untuk menambah nafsu makan, temulawak oleh masyarakat Bali digunakan untuk perwatan kulit

“Temulawak (Curcuma Xanthorriza) merupakan tanaman herbal asli Indonesia yang memiliki manfaat medis beragam. Khasiatnya mulai dari memelihara fungsi hati, sebagai antioksidan, memperbaiki fungsi pencernaan dan mampu menurunkan lemak darah,” kata Executive Vice President Supply and Operation Soho Global Health Made Dharma Wijaya.

Melihat manfaat herbal asli Indonesia ini, dua tahun lalu perusahaannya telah meresmikan pusat Riset Temulawak di Sukabumi, Jawa Barat.

Wakil Rektor IPB pun berharap, kelak temulawak menjadi produk unggulan dan kebanggaan Indonesia, layaknya ginseng di Korea.

Add Comment