Bunga Tabebuya Mekar, Buat Kota Magelang Semaking Indah

Bunga Tabebuya yang mekar di beberapa ruas jalan Kota Magelang. (Foto: Pemkot Magelang)

Magelang – Mekarnya bunga Tabebuya di beberapa ruas jalan beberapa waktu terakhir, membuat panorama Kota Magelang semakin indah. Tampak bunga yang mekar berwarna putih dan merah jambu di beberapa ruas jalan protokol. Salah satunya terlihat di Jalan Sarwo Edie Wibowo, tepat di depan kantor Pemerinta Kota Magelang, Jumat (22/11/2019) pagi.

Mekarnya bunga-bunga tersebut memberi nuansa serasa berada di Jepang. Deretan pohon itu pun menarik warga untuk menepi lalu berswafoto. Data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang, menyebutkan sejak ditanam 2010 silam, pohon ini telah tumbuh dan berkembang di beberapa titik di Kota Magelang.

Biasanya dalam setahun bunga ini mekar setahun dua kali, pada bulan Maret dan Oktober. Namun, Uswatun Hasanah, Kepala Bidang Pengelolaan PJU, Pertamanan dan Pemakaman, DLH, Kota Magelang, menuturkan untuk tahun ini bunga tersebut mekar tiga kali.

“Tahun ini istimewa karena tiga kali mekar, pada Maret, Oktober, dan November,” kata Uswatun dalam laman resmi Pemkot Magelang.

Kuatkan Slogan Magelang Kota Sejuta Bunga

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito, mengaku senang melihat wajah Kota Magelang yang kian waktu semakin cantik. Selain bersih, juga karena adanya bunga pohon Tebabuya yang bermekaran di sepanjang jalan protokol. Pemkot Magelang sendiri telah mencanangkan gerakan warga menaman pohon atau tanaman untuk menguatkan slogan Kota Magelang sebegai Kota Sejuta Bunga.

“Semakin hari kita lihat Kota kita ini semakin bersih dan cantik, ditambah ada bunga Tabebuya ini. Tinggal tugas kita bersama untuk menjaganya, jangan dirusak, syukur-syukur kita ikut menanamnya. Ndak usah harus Tabebuya, tanaman lainnya juga bisa, di pekarangan rumah saja cukup,” tutur Sigit.

Dijelaskan Uswatun, pada 2010, pohon hanya di tanam di empat titik, yakni di Jalan Pahlawan (35 pohon), Jalan Piere Tendean (20), Jurangombo (25), dan Jalan Sudirman (20). Tahun berikutnya, pohon ditambah di titik strategis di Kota Magelang antara lain di Jalan Tentara Pelajar, PJKA Kebonpolo, Jalan Daha, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Kapten Suparman, Jalan Sriwijaya, Taman Shopping dan sebagainya.

“Total ada 2007 pohon, walaupun memang ada beberapa pohon yang kita pangkas dan tebang untuk perawatan,” tandasnya.

Add Comment