Candimulyo Masuk Tiga Besar Penilaian Pelayanan IVA Test se-Jawa Tengah

Verifikasi data yang dilakukan Pemkab Magelang di Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang (Foto: Pemkab Magelang)

Candimulyo – Berkat kualitas pelayanan yang baik, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, berhasil melaju ke tiga besar dalam penilaian pelayanan IVA Test tingkat provinsi Jawa Tengah. Kecamatan Candimulyo nantinya akan bersaing dengan Kabupaten Sukoharjo dan Pekalongan.

Ketua TP PKK Kabupaten Magelang Tanti Zaenal Arifin mengatakan IVA test ini merupakan perwujudan dari program pokok pokja IV tentang kesehatan. Ia mengungkapkan bahwa ibu dalam setiap keluarga harus memiliki kondisi yang sehat.

“Pembangunan ini berawal dari keluarga, sebagai ibu yang memiliki peran beragam harus dalam kondisi sehat,” ujar Tanti dalam laman resmi Pemkab Magelang

Ia juga mengatakan bahwa kesehatan merupakan tanggung jawab moral bagi PKK sebagai mitra pemerintah sehingga melatarbelakangi semangat untuk selalu mensosialisasikan kepada masyarakat.

“Kita patut berbangga hati bahwa usaha kita mendapat apresisi dari pemerintah provinsi dengan masuk menjadi tiga besar terbaik pelayanan IVA Test, ada atau tidak penghargaan sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mewujudkan masyarakat Kabupatan Magelang yang sehat jasmani dan rohani,” imbuhnya.

Penanggulangan Kanker Serviks

Dilansir dari laman resmi Pemkab Magelang dijelaskan bahwa salah satu penyakit terbesar wanita terbesar dengan frevalensi 17.859 adalah kanker serviks. Bahkan kanker tersebut juga merupakan penyebab kematian tertinggi bagi wanita, setiap dua menit wanita di dunia meninggal karena kanker serviks.

Sekertaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto mengatakan kanker serviks merupakan penyebab kematian yang cukup tinggi oleh karena itu pemerintah Kabupaten Magelang menaruh perhatian yang cukup serius dan mengambil langkah dengan memberikan pelatihan kepada petugas di 5 puskesmas pada 2016 dan ditindaklanjuti petugas di 19 puskesmas pada 2017.

Saat ini deteksi dini kanker leher lahim sudah dapat dilayani di 28 puskesmas di Kabupaten Magelang, 4 diantaranya sudah bisa melayani. “Krio Terapi salah satunya adalah Puskesmas Candimulyo,” terang Adi.

Menurut Adi, pencegahan kanker leher rahim dengan metode IVA Test harus digalakkan karena biayanya lebih murah, dan tingkat akurasinya juga lebih tinggi.

Add Comment