Didik Masyarakat Melalui Pencanangan Kampung KB

Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Selomerah, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, pada Senin (18/11/2019). (Foto: Pemkab Magelang)

SELOMERAH, Ngablak – Bupati Magelang, Zaenal Arifin kembali melakukan pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB). Pencanangan tersebut dilakukan guna mendidik dan mengarahkan masyarakat untuk memiliki perencanaan dalam keluarga. Kali ini, Bupati menggelar kegiatan tersebut di Desa Selomerah, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, pada Senin (18/11/2019).

Zaenal mengungkapkan, program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia juga berharap agar ada kerja sama dari berbagai pihak.

“Untuk mencapai kondisi ideal kesejahteraan masyarakat, yaitu wareg, wutuh, waras, dan wasis, dibutuhkan kerja sama dan sinergitas antar seluruh komponen dan lembaga di Kabupaten Magelang,” terangnya dalam laman resmi Pemkab Magelang.

Ia juga berharap, program KB dapat mendidik dan mengarahkan masyarakat untuk memiliki perencanaan dalam keluarga, perencanaan usia ideal perkawinan bagi remaja, jarak ideal melahirkan, jumlah anak hingga pada perencanaan pendidikan, kesehatan dan perbaikan ekonomi bagi keluarga. Dalam jangka panjang, program KB akan memutus mata rantai kemiskinan sehingga angka kemiskinan akan menurun.

Kampung KB Berdayakan Masyarakat

Dilansir dari laman resmi Pemkab Magelang, Kampung KB akan dijadikan sebagai wahana pemberdayaan masyarakat melalui berbagai macam program yang mengarah pada upaya mengubah sikap, perilaku, dan cara berpikir masyarakat ke arah yang lebih baik.

Masyarakat yang tadinya tidak memiliki kegiatan dapat bergabung dengan kelompok usaha yang produktif. Permasalahan gizi buruk dan gizi ganda, seperti wasting (kurus) dan stunting (kerdil) bisa teratasi.

“Diharapkan, dengan itu, kampung yang tadinya tertinggal dan terbelakang dapat sejajar dengan daerah lainnya yang sudah lebih baik,” tambah Zaenal.

Bupati juga menegaskan, Kampung KB dibentuk untuk meningkatkan peran seluruh pihak dalam memfasilitasi, mendampingi, dan membina masyarakat khususnya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan.

“Kampung KB yang hari ini kita canangkan, merupakan salah satu bentuk miniatur pelaksanaan menyeluruh dari Program KKBPK secara utuh yang melibatkan seluruh bidang di lingkungan BKKBN,” pungkas Bupati.

Add Comment