Dinkes Kabupaten Magelang Adakan Cek Kesehatan Gratis

Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana mengikuti cek kesehatan gratis yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, pada Selasa (12/11/2019). (Foto: Pemkab Magelang)

SAWITAN, Mungkid – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang menggelar cek kesehatan gratis pada Selasa (12/11/2019). Cek kesehatan tersebut merupakan agenda rutin setiap tahun terutama saat peringatan Hari Kesehatan Nasional.

Selain merupakan agenda rutin, melalui kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti, inging mengajak masyarakat untuk peka terhadap kondisi kesehatan mereka.

“Ini sebenarnya media promosi untuk mendorong masyarakat untuk sadar diri terhadap kondisi kesehatan tubuhnya,” ucap Retno dalam laman resmi Pemkab Magelang.

Bertepatan dengan kegiatan tersebut, Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana, juga sempat membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI, di sela Apel Hari Kesehatan Nasional, di halaman Setda Kabupaten Magelang.

Ia juga menyampaikan beberapa isu kesehatan yang ada. Ia berpesan agar isu-isu tersebut dapat segera diatasi.

“Selain itu ada dua isu kesehatan lainnya yang juga harus diatasi, yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri,” ungkap Wabup.

Perlunya Cek Kesehatan Bagi Masyarakat

Seperti dilansir dari laman resmi Pemkab Magelang, Dinkes berupaya untuk menginisiasi masyarakat agar peduli dengan kesehatan mereka. Retno berharap, melalui kegiatan ini akan muncul sifat mandiri dalam diri masyarakat berkaitan dengan pengecekkan kesehatan.

“Kami menyediakan 200 slot dalam cek kesehatan hari ini. Harapan kami, masyarakat nantinya bisa secara mandiri memanfaatkan laboratorium masyarakat yang ada di UPT Dinas Kesehatan ataupun Puskesmas untuk melakukan cek kesehatan tersebut secara rutin,” terang Retno.

Ia juga menambahkan, pemeriksaan kondisi kesehatan yang baik bagi orang normal bisa dilakukan secara rutin setahun sebanyak dua kali (6 bulan sekali). Pemeriksaan itu meliputi tensi (tekanan darah), kadar gula, kolesterol, dan asam urat.

Pada kesempatan itu pula Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana mengikuti cek kesehatan yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang. Ia juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Dinkes yang telah mengadakan cek kesehatan gratis.

“Karena orang kadang tidak sempat mengontrol kesehatan. Maka saya sampaikan terima kasih kepada Dinas Kesehatan yang sudah membuka layanan cek kesehatan gratis khusus hari ini, semoga bermanfaat,” pungkas Wabup.

Add Comment