Kota Magelang Raih Peringkat Pertama di Tiga Kategori RKCI tahun 2019

Kota Magelang memborong tiga penghargaan di Riset dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) tahun 2019, yang didapat dalam acara Awarding RKCI di kampus ITB Bandung, Senin (18/11/2019). (Foto: Pemkot Magelang)

Magelang – Kota Magelang memborong perolehan penghargaan di Riset dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) tahun 2019. Pada lomba yang dinilai oleh Tim Smart City and Community Innovation Center (SCCIC) Institut Teknologi Bandung (ITB), Kota Magelang menduduki peringkat pertama untuk tiga kategori sekaligus.

Tiga kategori yang berhasil dimenangkan Kota Magelang ialah, Rating Kota Menuju Cerdas (Smart City), Rating Pengembangan dan Pengelolaan Kota, serta Rating Kesiapan Integrasi (Integration Readiness).

Penghargaan berupa tropi dan piagam diserahkan oleh Ketua SCCIC ITB, Suhono Harso Supangkat, kepada Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito, dalam acara Awarding RKCI di kampus ITB Bandung, pada Senin (18/11/2019).

Suhono menyampaikan apresiasi kepada para kepala daerah penerima penghargaan yang telah terus berupaya menjadikan kotanya lebih aman, nyaman, sejahtera yang berkelanjutan. Penilaian dan penghargaan RKCI yang dilakukan sejak tahun 2015 ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar komitmen pemerintah kota meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“RKCI ini intinya bagaimana kita mengetahui secara lebih detil, seksama, terkait dengan apa yang diharapkan masyarakat tentang kualitas hidup di kota-kota,” ujar Suhono dalam laman resmi Pemkab Purworejo.

Tantangan ke Depan Semakin Berat

Dilansir dari laman Pemkot Magelang, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang, Joko Soeparno, menyatakan tantangan pengembangan dan pengelolaan kota ke depan semakin berat. Hal tersebut dikarenanakan tuntutan masyarakat semakin terbuka dan menginginkan pelayanan yang lebih.

Untuk itu, ia mengungkapkan perlunya koordinasi dan kolaborasi semua lini dengan dukungan teknologi informasi. “Kita sudah punya command center, yang bisa kita optimalkan pemanfaatannya untuk menjadikan Kota Magelang menjadi Kota Cerdas,” terang Joko.

Sementara itu, Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito, mengaku bangga dengan pencapaian ini. Ia juga menambahkan akan terus melakukan evaluasi agar Kota Magelang semakin maju dalam segala hal. Semua yang telah dilakukan semata untuk melayani masyarakat.

“Capaian ini buah kerja keras semua komponen, termasuk masyarakat sendiri. Akan terus dievaluasi agar pengelolaan lebih profesional dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat,” pungkas Sigit.

Add Comment