Pemkab Magelang Usung Smart City Guna Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Bupati Magelang, Zaenal Arifin, ketika memaparkan perkembangan Smart City di hadapan lima orang tim Evaluasi Smart City Nusantara, di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (5/11/2019). (Foto: Pemkab Magelang)

Magelang – Pemerintah Kabupaten Magelang memiliki komitmen serius dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menggunakan Smart City. Seperti yang disampaikan Bupati Magelang, Zaenal Arifin, di hadapan lima orang tim Evaluasi Smart City Nusantara, di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (5/11/2019).

“Untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Magelang menggunakan Smart City untuk menuju jalan cerdas menuju Kabupaten Gemilang,” ujar Bupati dalam laman resmi Pemkab Magelang.

Zaenal juga menegaskan bahwa setiap orang bisa dengan bebas mengakses. “Tidak boleh semua orang bisa mengakses, Smart City ini kan bebas (bisa diakses masyarakat luas) tapi harus terukur,” tembahnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Sugiyono, mengungkapkan bahwa Pemkab Magelang membangun Smart City dalam rangka untuk mewujudkan visi misi Bupati Magelang.

“Kami membangun smart city dalam rangka membantu mewujudkan visi misi Bupati Magelang agar segera terwujud melalui cara yang cerdas,” imbuh Sugiyono.

Konsep Smart City

Dilansir dari laman resmi Pemkab Magelang, pengembangan konsep Smart City di Kabupaten Magelang tentunya bertujuan untuk meningkatkan layanan masyarakat yang lebih baik, transparan, dan akuntabel; meningkatkan efisiensi dan efektifitas di berbagai kegiatan dan layanan; meningkatkan standar dan kualitas kehidupan; meningkatkan aktifitas ekonomi dan daya saing; serta untuk meningkatkan daya tarik Kabupaten Magelang di mata masyarakat, pengusaha, investor serta wisatawan sebagai kota yang layak untuk menetap, bekerja, dan berwisata.

Pentingnya konsep Smart City untuk diterapkan juga dijelaskan oleh Elysia (2017) dalam artikel Implementasi e-Government untuk Mendorong Pelayanan Publik Yang Terintegrasi di Indonesia. Menurutnya, perkembangan teknologi yang semakin meluas harus bisa dimanfaatkan oleh pemerintah untuk semakin meninkatkan peyalanannya, terutama kepada masyarakat.

Salah satu penggunaan teknologi dalam pemerintahaan adalaha melalui electronic government atau e-government, di mana salah satu contohnya adalah konsep Smart City yang banyak diusung oleh kota-kota di Indonesia. Pentingnya e-government ini antara lain (1) mendorong pemerintahan yang responsif terhadap kebutuhan dan aspirasi masyarakat; (2) mendorong sisi pemanfaatan dari keterbukaan informasi; dan (3) mendorong tingkat partisipasi publik didalam sistem penyelenggaraan pemerintahan.

Add Comment