Pilkades Serentak se-Kabupaten Magelang Siap Dilaksanakan

Persiapan Pemkab Magelang dalam pelaksanakan Pilkades yang akan dilakukan secara serentak, pada Minggu (24/11/2019). (Foto: Pemkab Magelang)

Magelang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang menyatakan telah siap melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan dilakukan secara serentak, pada Minggu (24/11/2019). Hal tersebut disampaikan oleh Sujadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (Dispermades) Kabupaten Magelang.

“Tahapan kampanye pada Jumat (22/11/2019) dan pemungutan suara pada Minggu (24/11/2019), semua desa sudah siap dalam pelaksanaannya,” tegas Sujadi, dalam laman resmi Pemkab Magelang.

Pilkades serentak sendiri diikuti oleh 294 desa yang tersebar di Kabupaten Magelang. Sebelumnya, masih terdapat beberapa desa yang kekurangan calon, seperti Desa Umbulsari, Windusari, yang akhirnya diikuti oleh istrinya sendiri.

Sedangkan pada Desa Kemiren Srumbung awalnya tidak ada calon, sekarang sudah mendapatkan calon semua. Desa Japan Tegalrejo, calon meninggal satu, sekarang sudah terisi,” terang Sujadi.

Sujadi juga mengingatkan dalam pelaksanaan kampanye agar dibarengi dengan sikap menjaga ketertiban dan saling menjaga keamanan yang kondusif.

Ribuan Personel Dikerahkan

Guna mendukung pelaksanaan Pilkades serentak tersebut, Polres Magelang menggelar apel gelar pasukan Operasi Pengamanan Pilkades di halaman Mako Polres Magelang, pada Rabu (20/11/2019). Apel gelar pasukan tersebut diikuti personel gabungan yang terdiri atas Polri, TNI, Satpol PP, dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

Wakapolres Magelang, Kompol Eko Mardiyanto, mengatakan ada ribuan personel dilibatkan terdiri atas TNI, Polri, Satlinmas. Dan unsur lainnya. Pengamanan kegiatan Pilkades mulai pada tanggal 22 s.d 24 November 2019 mendatang.

“Oleh sebab itu tadi apel keamanan gabungan hadir juga jajaran pasulan dari Polresta Magelang. Untuk total personil sebanyak 2.377 personil gabungan yang terdiri dari 1.151 Polisi, 300 TNI, 42 Satpol PP, 846 linmas, dan 21 trantib kecamatan,” jelas Eko seperti dilansir dari laman resmi Pemkab Magelang.

Ia juga berpesan agar pengamanan dilakukan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum, kuratif, dan rehabilitasi melalui penggelaran fungsi-fungsi kepolisian dalam bentuk Satuan Tugas Polres Magelang.

Add Comment