Tandatangani Prasasti, Wali Kota Magelang Resmikan RSUD Budi Rahayu

Penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito (dua dari kanan), dalam ranga membuka RSUD Budi Rahayu, pada Selasa (26/11/2019). (Foto: Pemkot Magelang)

Magelang – UPT RSUD Budi Rahayu yang terletak di di Jalan Urip Sumoharjo, Kota Magelang, resmi dibuka oleh Pemerintah Kota Magelang Selasa (26/11/2019). Peresmian itu dilakukan Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito, ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita.

RSUD Budi Rahayu Kota Magelang, yang tereletak di Jalan Urip Sumoharjo Magelang, akan menempati bangunan yang sebelumnya bernama Rumah Sakit Bersalin (RSB) Budi Rahayu. Sigit mengaku sudah menunggu momen peresmian tersebut.

“Saya sudah menunggu agak lama peresmian rumah sakit ini. Setelah lepas dari RSUD Tidar, saya sering lewat daerah sini dan terasa ‘singup’ seperti ada yang memanggil. Maka, saya ingin segera meresmikan rumah sakit ini dan segera melayani masyarakat,” kata Sigit dalam laman resmi Pemkot Magelang.

Rencana pembukaan RSUD ini sebenarnya sudah sejak setahun yang lalu. Namun, harus melewati serangkaian prosedur hingga Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, mempertimbangkan AMDAL, dan persyaratan lainnya. RSUD Budi Rahayu dinilai cukup melegenda dengan identik sebagai rumah sakit bersalin. Tapi kini RSUD ini melayani masyarakat untuk beberapa keluhan. Fasilitasnya pun lengkap dan akan terus dilengkapi.

Pelayanan Harus yang Terbaik

Menanggapi peresmian tersebut, Wali Kota Magelang menginginkan pelayanan yang terbaik. Meski luas RSUD masih terbilang agak sempit, RSUD akan buka selama 24 jam.

“RSUD ini beroperasi selama 24 jam. Dari segi luasan memang agak sempit, tapi saya ingin pelayanan harus yang terbaik. Pasien pun bisa datang dari siapapun dan dari manapun, harus kita layani dengan ramah,” tambahnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, Budi Santoso, mengutarakan mulai bulan April 2019 lalu rumah sakit ini pisah dari RSUD Tidar. Kemudian bulan Oktober keluar izin dari Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Magelang terkait izin operasional.

“Rumah sakit ini berdiri di atas lahan seluas 2.640 m2, terdiri dari gedung utama, instalasi bedah sentral, dan rawat inap. Kita melayani umum, spesialis anak, dan spesialis penyakit dalam dengan jumlah dokter spesialis sebanyak 6 dokter,” jelasnya.

Add Comment