TP PKK Bentuk Kelompok Warga Peduli Kanker Guna Wujudkan Keluarga Sehat

Tim Penggerak (TP) PKK Kota Magelang membentuk Kelompok Warga Peduli Kanker Tingkat Kota Magelang 2019, pada Rabu (13/11/2019). (Foto: Pemkot Magelang)

Magelang – Untuk mewujudkan “Keluarga Sadar Sehat” khususnya upaya penanggulangan penyakit kanker, Tim Penggerak (TP) PKK Kota Magelang membentuk Kelompok Warga Peduli Kanker Tingkat Kota Magelang 2019. Pembentukkan kelompok tersebut sendiri dilaksanakan di Gedung Wiworo Wiji Pinilih, Rabu (13/11/2019).

Ketua TP PKK Kota Magelang, Yetti Biakti Sigit Widyonindito, menjelaskan, TP PKK dapat bekerja sama dengan Puskesmas melakukan pendampingan dan pemeriksaan, dengan mendatangi langsung masyarakat, serta dapat membantu proses rujukan ke rumah sakit serta memfasilitasinya.

Yetti menambahkan, dibentuknya kelompok tersebut diharapkan dapat menjadi wadah untuk penyuluhan, sosialiasi iva test serta menggerakkan masyarakat agar peduli akan deteksi dini gejala kanker.

“Harapan kami, dengan adanya pembentukan warga peduli kanker maka kader – kader PKK akan lebih aktif lagi dalam pengobatan terapi kanker,” jelas Yetti dalam laman resmi Pemkot Magelang.

Pihaknya juga berharap kegiatan yang digagas kelompok tersebut, gejala kanker daoat dideteksi sejak dini, agar dapat cepat tertanggulangi. Nantinya pendeteksian dini ini diharapkan dapat berjalan dan dilakukan secara berkala dari tingkat kelurahan, kecamatan dan seterusnya.

Berbagai Upaya Terus Dilakukan

Dilansir dari laman resmi Pemkot Maglang berbagai upaya terkait dengan penanggulangan kanker terus dilakukan, salah satunya melalui penandatangan MOU dengan Yayasan Kanker Indonesia cabang Magelang, tentang program penanggulangan penyakit kanker. Adapun narasumber yang dihadirkan yakni Dr. Yuliaji Narendra Putra Sp.B(K) Onk, Spesialis Bedah, Konsultan Bedah Tumor, RSUD Tidar Kota Magelang.

Pada kegiatan tersebut, Yuliaji juga menegaskan bahwa upaya pencegahan penyakit kanker harus terus dilakukan. “Upaya pencegahan harus terus diupayakan dengan tak bosan – bosannya melakukan penyuluhan, sosialisasi serta pemeriksaan agar masyarakat Kota Magelang senantiasa  sehat dan semakin peduli terhadap kesehatannya,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan, Dwi Arni Joko Budiyono, menambahkan maksud dan tujuan pencanangan adalah untuk mengoptimalkan peran masyarakat terhadap penyakit kanker, kampanye penurunan angka kejadian kanker dengan program pola hidup sehat dan deteksi dini kanker.

“Ini komitmen bersama, dalam mewujudkan keluarga sadar sehat untuk memahami pola hidup sehat, khususnya dalam upaya penanganan penyakit kanker,” pungkas Dwi.

Add Comment