Command Centre, Layanan Publik Berbasis Teknologi

Peresmian Command Center yang merupakan pusat kendali berbasis teknologi informasi tentang Kota Magelang. (Foto: Pemkot Magelang)

Magelang – Pemerintah Kota Magelang meresmikan Command Center yang terletak di komplek kantor Wali Kota Magelang, Kamis (26/12/2019). Command Center merupakan pusat kendali berbasis teknologi informasi tentang Kota Magelang yang diinisiasi oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominsta).

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, didampingi Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina dan Sekretaris Daerah Joko Budiyono.

Tampak hadir Ketua DPRD Budi Prayitno, Dandim 0705 Diponegoro Letkol Czi Anto Indriyanto, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Magelang Wawan Ernawan, Ketua Pengadilan Negeri Kota Magelang Muhammad Djohan Arifin dan seluruh kepala OPD dan BUMD di Kota Magelang.

Kepala Diskominsta Kota Magelang, Catur Budi Fajar, menjelaskan Command Center adalah sebuah inovasi dalam layanan publik berbasis teknologi informasi terutama menghadapi disrupsi digital di era revolusi industri 4.0. Ini penting untuk mempercepat akselerasi informasi/data kepada kepala daerah sebagai fungsi “early warning system” dalam pengambilan keputusan.

“Di Command Center tersedia alat strategis dalam rangka kepala daerah mengambil kebijakan, termasuk anjuran Menpanrb terkait aduan masyarakat, kemudian dihubungkan lagi dengan call center 112 dengan harapan Command Center menjadi serta memberikan pelayanan kepada publik,” jelas Catur dalam laman resmi Pemkot Magelang.

Layani Semua Kebutuhan Darurat

Untuk diketahui, layanan kedaruratan 112 itu sendiri untuk melayani semua kebutuhan darurat yang berkaitan dengan kesehatan, bencana alam, kebakaran, kriminalitas, keamanan dan ketertiban umum, tawuran dan sebagainya.

Catur melanjutkan, ada petugas pengolah data yang berada di masing-masing OPD, termasuk pengelola website dan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) pembantu. Mereka yang bertugas meng-input data setiap hari, minggu, dan bulanan.

“Meski hanya menempati ruang berukuran 6×6 meter, tapi Command Center kaya fungsi, isinya monitor dan laptop untuk operasional. Command Center terintegrasi dengan ruang rapat Wali Kota Magelang, sehingga sewaktu-waktu ada rapat terbatas membutuhkan data bisa langsung diakses,” papar Catur.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, mengungkapkan adanya Command Center ini sangat penting karena hanya dengan melihat update data, pihaknya bisa merumuskan kebijakan, seperti terkait kemiskinan, Pro Job, Pro Environment dan sebagainnya. Meskipun harus tetap menjalankan tugas di lapangan.

“Dengan memanfaatkan Command Center ini jadi sangat efektif, efisien dan hasilnya maksimal. Sebab ada semua informasi. Saya harap semua OPD melengkapi, secara khusus ada tim yang bertanggung jawab terhadap data. Jangan sampai tidak valid,” paparnya.

Sigit menyatakan Command Center ini menjadi bagian dari inovasi Kota Magelang yang notebene telah berpredikat sebagai Kota Cerdas. Ia pun berpesan supaya Command Center dapat dimanfaatkan dengan baik, dipelihara secara cermat karena berkaitan dengan teknologi.

Add Comment