Peringati Hari Ibu ke-91, Tim PKK Kota Magelang Adakan Jalan Sehat

Ribuan warga mengikuti jalan sehat peringatan Hari Ibu ke-91 di kawasan Gelora Sanden (Sport Center Sanden), Minggu (8/12/2019). (Foto: Pemkot Magelang)

Magelang – Guna memperingati Hari Ibu ke-91 tingkat Kota Magelang tahun 2019, Tim Penggerak PKK Kota Magelang memprakarsai jalan sehat di kawasan Gelora Sanden (Sport Center Sanden), Minggu (8/12/2019). Ribuan warga tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Jalan sehat tersebut dilepas oleh Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina, didampingi Sekretaris Daerah Kota Magelang, Joko Budiyono, dan Ketua TP PKK Kota Magelang, Yetty Biakti Sigit Widyonindito. Peserta yang mengikuti jalan sehat tersebut sebagian besar adalah kaum ibu dan keluarganya, anggota organisasi perempuan maupun masyarakat umum di Kota dan Kabupaten Magelang.

Rute yang dilalui peserta sepanjang sekitar 1,5 km, mulai dari bundaran Gelora Sanden ke selatan, lalu belok kiri arah perumahan Sanden 4, dan belok kiri menyusuri kali. Setelahnya belok kanan menuju jalan perintis kemerdekaan, belok kiri menuju perempatan Sanden, lurus arah perumahan Korpri dan belok menuju garis finish di area bundaran Gelora Sanden.

Ketua Panitia Jalan Sehat, Yulis, mengatakan kegiatan ini dilakukan oleh PKK se-provinsi Jawa Tengah berdasarkan perintah ketua umum. Tujuannya selain memperingati Hari Ibu juga mengkampanyekan gaya hidup sehat dengan berjalan kaki.

“Tidak hanya jalan sehat, kita juga lengkapi dengan senam bersama. Senam kita bagi dua jenis, yakni osteoporosis dan aerobic. Setelah senam langsung kita bagikan puluhan hadiah doorprize dan hiburan musik,” ujarnya dalam laman resmi Pemkot Magelang.

Memaksimalkan Peran Ibu

Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina yang memberikan sambutan di hadapan masyarakat mengutarakan, tema Hari Ibu tahun ini “Perempuan Bergaya Indonesia Maju” yang bermakna kaum hawa memiliki peran penting dalam kemajuan bangsa. Perempuan tidak hanya berkutat pada rumah tangga saja, tapi lebih dari itu bisa berkontribusi besar pada kemajuan negara.

“Kita harus maksimalkan peran ibu. Selama ini sudah bagus, tinggal menguatkan saja di semua lini,” katanya.

Ia mengaku, posisi perempuan di pemerintahan Kota Sejuta Bunga sudah mendapat tempat yang baik. Gender gate di Pemkot Magelang sudah tidak terlalu timpang, karena ada beberapa kepala dinas yang dipegang kaum ibu, termasuk yang duduk sebagai wakil rakyat.

Add Comment