CFD Gelora Sanden Dimeriahkan Kesenian Tradisional

Pemain kesenian Tradisional yang tampil memeriahkan Program Car Free Day (CFD) perdana oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang di Tahun 2020 di area Gelora Sanden,pada Minggu (1/3/2020) pagi. (Foto: Pemkot Magelang)

Sanden – Atraksi Barongsai dan kesenian Tradisional tampil memeriahkan Program Car Free Day (CFD) perdana oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang di Tahun 2020 di area Gelora Sanden.

Seperti CFD yang dilaksanakan Minggu (1/3/2020) pagi, kesenian tradisional barongsai dan topeng ireng memberikan hiburan tersendiri bagi pengunjung CFD. Pada kesempatan itu pula turut digelar Hari Amal Moncer Serius oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) beserta lembaga amal lainnya.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang, Chandra Wijatmiko Ady mengatakan, pelaksanaan CFD tahun 2020 ini sedianya mulai diadakan bulan Februari lalu. Namun, karena berbarengan dengan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS, maka pelaksanaan diundur di awal Maret.

”Tanpa mengurangi semangat, kami memulai program CFD ini di Gelora Sanden. Rencananya kami akan adakan CFD selama satu tahun ini sebanyak 20 kali, terdiri dari 15 kali di Gelora Sanden dan 5 kalo di lapangan Rindam,” kata Chandra dalam laman resmi Pemkot Magelang.

Ia menjelaskan, gelaran pembuka ini dimeriahkan oleh beberapa pentas seni dari kelompok kesenian anggota FK Metra (Forum Komunikasi Media Tradisional) Kota Magelang. Kelompok yang pentas antara lain, Barongsai Liong Hok Bio, Gedruk (Sanggar Langen Budoyo Wates), Dayaan (Kampung Menowo), Guyon Maron (FK Metra), Kobuy Lazio (Sanggar Roro Jonggrang Potrobangsan), Reog (Sanggar Cahyo Manunggal Kemirirejo), dan Dayaan (Sanggar Seribu Bunga Jaranan).

”Kami gandeng FK Metra di bawah naungan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominsta) untuk lebih memeriahkan lagi kegiatan perdana ini. Sekaligus arena pentas bagi para seniman Kota Magelang,” kata Chandra didampingi Kabid Lalu Lintas dan Perparkiran Dishub, Noor Singgih.

Diadakan Juga Hari Amal

Selain pentas kesenian, diadakan juga Hari Amal Moncer Serius oleh Bappeda bersama dengan sembilan lembaga amal. Di antaranya Baznas, Lazis NU, Lazis MU, Kelenteng TITD Liong Hok Bio, Parisada Hindu Dharma Indonesia, Sedekah Rombongan, Sandal Jepitan Bareng, DKD Peduli, dan Badan Musyawarah Antar Gereja.

Koordinator Hari Amal Moncer Serius, Veronica mengutarakan, kegiatan ini adalah pengumpulan amal bersama dalam satu lokasi di hari yang sama. Amal dapat disampaikan secara tunai atau ditransfer melalui rekening masing-masing lembaga.

”Antusias pengunjung CFD Gelora Sanden sangat baik, banyak yang beramal melalui kegiatan ini. Untuk transparansi, kami akan rekap hasilnya dan akan kami publikasikan dan disalurkan ke pihak yang membutuhkan melalui masing-masing lembaga,” jelasnya.

Add Comment