Potensi Wisata dan Ekonomi dari Candi Pawon

Candi Pawon menjadi salah satu potensi wisata sekaligus menjadi potensi ekonomi bagi masyarakat. (Foto: Pemkab Magelang)

Wanurejo, Borobudur- Bagi kalian yang suka melihat keindahan candi, mungkin candi yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan. Candi Pawon, salah satu candi yang terletak di kawasan Borobudur, Jawa Tengah. Candi Pawon yang berukuran relatif kecil dengan sebuah bilik ini berada tersembunyi di tengah pemukiman penduduk desa setempat.

Selain bersejarah, Candi Pawon menjadi salah satu potensi wisata sekaligus menjadi potensi ekonomi bagi masyarakat. Menjadi salah satu kawasan wisata, keberadaan Candi Pawon mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Muryati misalnya, salah satu pedagang souvenir dan kerajinan menyatakan bahwa dirinya terbantu dengan adanya Candi Pawon. Menurutnya, Candi Pawon selalu dikunjungi oleh wisatawan domestik.

“Sudah dagang di sini 30 tahun lebih. Meski tidak setenar Candi Borobudur tapi selalu ada wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang dan berbelanja di Candi Pawon,” ungkap Muryati.

Candi Pawon memang letaknya strategis, yakni di Brojonalan, Dusun 1, Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Sehingga keberadaan ini sudah cukup mampu memberikan pengaruh kesejahteraan warga sekitar.

Tingkatkan Pembangunan Ekonomi

Tidak hanya Muryati, warga Dusun Brojonalan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur yang berjualan souvenir untuk oleh-oleh bagi wisatawan, usaha lainnya seperti home stay juga berkembang. Homestay atau rumah singgah di kawasan ini dikelola langsung oleh warga setempat.

Ketua Pemuda Dusun Brojonalan, Zulfa Sodik, menuturkan, sekitar lima tahun lalu hanya ada satu homestay. Saat ini sudah tumbuh 10 homestay milik warga.

Menurutnya, hal ini cukup mendongkrak perekonomian warga Dusun Brojonalan, yang kini turut membuka dan mengelola homestay sendiri.

“Adanya Candi Pawon juga mampu memberikan daya tarik terhadap wisatawan. Dimana mayoritas penyewa home stay akan berkunjung ke Candi Borobudur, tetapi mereka juga menyempatkan melihat Candi Pawon,” kata Zulfa.

Candi Pawon memang memiliki keunikan pada ragam hiasan yang mengelilinginya. Dinding-dinding luar candi dihias dengan tiga relief unik yang menjadi cerita: kinara-kinari, simbol waktu dan unsur Yunani kuno. Bagaimanapun, Candi Pawon menjadi salah satu peninggalan berharga selain Candi Borobudur dan Candi Mendut di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Add Comment